MENU

Note


Link www.dedecaca.co.cc ganti jadi mydedecaca.blogspot.com

Rabu, 22 September 2010

Chuseok Holiday dalam budaya korea

Mungkin kalian bertanya tanya * mungkin ya apa sih Chuseok Holiday itu.....
Chuseok sebenarnya adalah...... *jreng jreng ha ha

Photobucket

Chuseok, atau hari panen Korea, adalah hari libur terbesar dalam setahun. Chuseok juga disebut sebagai “Jungchujeol,” “Hangawi,” atau “Gawi” di Korea.Nama lain hari libur ini, “Hangawi”, adalah kata majemuk, ‘han’ berarti agung atau besar dan ‘gawi’ diperkirakan berasal dari adat istiadat masa Silla *, yang dilanjutkan sampai abad ke-7, saat itu diadakan pertandingan menenun kain, pertandingan tersebut dibagi menjadi dua tim. Tim yang menenun kain yang paling panjang dinyatakan sebagai pemenang, sedangkan tim yang kalah harus mentraktir tim yang menang dengan berbagai makanan yang enak-enak.*ada yg bilang ini Thanksgiving korea..

Ciri khas Chuseok :

*ya kalau di Indo tu mungkin kayak Hari Lebaran Idul Fitri.. dan mungkin sama kegiataanya
  • Kembali ke rumah untuk berkumpul bersama keluarga
  • Ritual untuk para leluhur
  • “Eumbok”: Orang membagi makanan setelah upacara ritual, yang disebut ‘eumbok’.
  • Membersihkan kuburan
  • Kunjungan kekuburan (ziarah): Ini udah jadi tradisi waktu Chuseok..Ziarah ini dilakuin sebagai bentuk menghormati nenek moyang mereka.
  • Kegiatan untuk menyambut bulan: katanya nih..klo manjatin do’a waktu bulan purnama, do’anya itu bakal dikabulin. Doa itu semacam pembaharuan janji terhadap diri sendiri untuk masa depan atau visi masa depan. kegiatan ini mencerminkan diri pada waktu hari malam Chuseok.
Kalau buat sekarang, makna yang terbesar dari hari Chuseok mungkin itu reuni keluarga. Chuseok lebih memiliki arti berbagi rasa dengan orang lain. Menyiapkan bingkisan telah menjadi tradisi selama Chuseok. Secara keseluruhan, Chuseok memiliki makna, cinta pada keluarga, rasa terima kasih dan berbagi rejeki.

*Catatan tambahan:
Photobucket

Biasanya, dalam perayaan Chuseok ini juga di tandai dengan banyaknya para artis Korea yang merilis foto-foto mereka dengan menggunakan Hanbok (pakaian tradisional Korea) yang memaknai bahwa merekapun ikut memeriahkan perayaan adat turun-temurun itu sekaligus ikut melestarikan budayanya serta memberi contoh baik khususnya pada generasi muda di Korea.
Photobucket

Seperti parade foto-foto bintang-bintang Korea yang ikut memeriahkan Chuseok tahun ini dengan melakukan “Hanbok Ipgo Chuseok Insa”

Photobucket

Cre: KBS World, Sinema Korea, Yeppopo Pop
Re-Upload By: Tsatsasoeun@asianfansclub

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong dong klik share tombol diatas (facebook,twitter, google+,dll) dan komentar biar semangat ngesub indo maupun posting.
No Silent Reader, komen anda penyemangat ^_^